Selain Meditasi, Lakukan Hal ini Untuk Melatih Fokus

Fokus

Melatih fokus dalam bekerja dapat dilakukan dengan meditasi. Teknik ini dapat membuat pikiran menjadi tenang dan relax. Namun tahukah Anda bahwa ada cara lain untuk melatih fokus selain melakukan meditasi? 

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, cari tahu dulu yuk penyebab kurang fokus dalam bekerja. 

Penyebab kurang fokus dalam bekerja

Selain lingkungan kerja yang membosankan, penyebab kurang fokus dalam bekerja dapat disebabkan oleh hal berikut:

1. Pengaruh dari media sosial

Susah fokus kerja dapat disebabkan karena Anda tak bisa lepas dari media sosial. Anda ingin selalu melihat apa yang terjadi di dalam media sosial hingga konsentrasi kerja terpecah.

2. Sibuk menjawab pesan

Selain media sosial, membalas pesan juga dapat menghilangkan fokus dan konsentrasi. Bedakan nomor kantor dengan nomor pribadi. Jadi saat bekerja Anda bisa menjadi lebih fokus. 

3. Stres dengan pekerjaan

Stres di lingkungan kerja sangat berdampak pada kinerja Anda di kantor. Dampak buruknya adalah hilangnya fokus hingga pekerjaan menjadi terbengkalai. Selain itu, fisik juga menjadi mudah lelah, jantung berdebar hingga pusing.

Selain karena masalah pekerjaan, stres juga bisa dipicu oleh masalah dari rumah. Jadi alangkah baiknya, masalah dari rumah jangan dibawa ke lingkungan kerja, begitu juga sebaliknya.  

4. Multitasking

Multitasking juga menjadi penyebab kurang fokus saat bekerja. Kerjaan numpuk, deadline mepet membuat otak berpikir keras. Ujung-ujungnya, fokus hilang kerjaan buyar. Siap-siap mendapat omelan dari atasan. 

Nah, penyebabnya sudah diketahui, mari lanjut ke cara melatih fokus saat bekerja. 

Cara Melatih Fokus & Konsentrasi Ditempat Kerja 

Berada di lingkungan kerja yang monoton kadang membuat jenuh. Alih-alih bekerja, Anda justru kehilangan fokus. Akhirnya, semua pekerjaan menjadi berantakan. 

Lalu apa solusinya? Banyak orang memilih melakukan meditasi untuk melatih fokus. Namun jika Anda kurang mahir dalam melakukan meditasi, dapat melakukan cara seperti dibawah ini: 

1. Pilih yang menjadi prioritas

Jika Anda memiliki kemampuan multitasking mungkin bisa melakukan banyak pekerjaan dalam sekali waktu. Namun pada kenyataanya tidak semua orang bisa.

Untuk itu, lakukan pekerjaan yang menjadi prioritas Anda. Seperti misalnya jika Anda adalah seorang editor atau penulis. Prioritas Anda adalah pekerjaan tersebut. Jadi dahulukan mereka sebelum lanjut ke yang lainnya.

Dahulukan pekerjaan yang sekiranya berat agar dapat lebih maksimal. Jika mendahulukan yang mudah saat sampai yang berat malah jadi membosankan.

2. Singkirkan hal yang mengganggu  

Selama bekerja, singkirkan hal yang mengganggu konsentrasi. Seperti misalnya bolak-balik cek sosmed, toko online dan sebagainya. Matikan data Internet atau jika perlu matikan juga handphone.

Tidak membuka sosmed selama bekerja tak lantas membuat Anda buta info. Masih ada waktu melakukan itu setelah pekerjaan selesai.

3. Rajin Olahraga

Selain meditasi, cara untuk melatih konsentrasi adalah dengan berolahraga. Kegiatan positif ini nyatanya dapat meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Jika metabolisme tubuh baik, konsentrasi Anda juga akan meningkat.

Olahraga tidak hanya akan membuat tubuh sehat. Namun juga bermanfaat pada fungsi otak. Jadi, masih malas buat olahraga? Jangan lagi deh.

4. Perbanyak minum air putih

Selama bekerja, pastikan kebutuhan cairan Anda tercukupi. Karena ini juga berpengaruh terhadap fokus dan konsentrasi. Baiknya, penuhi kebutuhan cairan dengan minum 8 hingga 10 gelas dalam sehari.

Selain air putih, jangan lupa juga memperbanyak makan buah yang mengandung banyak air. Buah yang bisa Anda pilih bisa melon, jeruk atau semangka. Jika repot membawa buah ke tempat kerja, ganti dengan infused water.

5. Porsi istirahat yang cukup

Sama seperti tubuh, otak juga butuh waktu istirahat. Ia tidak bisa terus diforsir terus-terusan. Jika dipaksa bekerja keras tanpa kenal waktu, fungsi otak akan berangsur turun. Ini berdampak pada daya ingat dan konsentrasi.

Menurut studi, istirahat yang cukup adalah solusi agar otak kembali ke fungsi yang sebenarnya. Sedangkan istirahat yang baik untuk fungsi otak adalah tidur. Jadi pastikan Anda cukup tidur maksimal 8 jam sehari.

6. Memutar jenis musik klasik

Musik klasik ternyata sangat efektif untuk meningkatkan fokus saat bekerja. Musik dengan alunan menenangkan ini menjadi sejenis meditasi yang menenangkan pikiran.

Referensi musik klasik yang wajib ada di handphone Anda adalah The Hours karya Philip Glass, Gymnopedie karya Erik Satie Debussy atau Claire de Lune karya Claude Debussy. 

7. Rajin melatih kemampuan otak

Perbanyak kegiatan yang dapat melatih konsentrasi dan daya ingat Anda. Cara ini dapat dilakukan dengan bermain game strategi atau teka-teki silang. Intinya yang membuat otak Anda terasah.

8. Buat suasana yang baru 

Bisa jadi fokus Anda terganggu karena suasana kerja mulai membosankan. Jika merasa demikian, Anda dapat merubah suasana dengan menata kembali ruang kerja agar lebih fresh.

Letakkan foto liburan kamu di atas meja kerja. Ini dapat membakar semangat dan tentunya menaikkan mood. 

9. Lakukan kegiatan lain 

Saat konsentrasi mulai berkurang, lakukan hal yang membuat Anda sedikit lebih relax. Seperti mendengarkan musik, melihat pemandangan di luar kantor atau mengambil minuman di pantry. 

Cara ini cukup efektif untuk mengusir rasa bosan. Selain itu, juga sebagai peregangan agar otot tidak kaku. 

Makanan penunjang fokus saat bekerja 

Selain cara diatas, cara fokus pikiran juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan. Makanan yang dapat dikonsumsi agar konsentrasi meningkat antara lain adalah: 

  • Dark chocolate

Menurut penelitian, Dark chocolate yang mengandung 60% kalori dapat meningkatkan konsentrasi. Tak hanya itu, minum cokelat hitam rutin selama sebulan juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

  • Buah Pisang

Pisang mengandung potasium yang dapat mengembalikan kinerja otak, kesehatan jantung dan saraf Anda.

Tak hanya pisang, buah blueberry juga salah satu cara meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam bekerja. Anda bisa mencoba dengan rutin minum jus blueberry setiap hari selama dua bulan.

  • Teh Hijau

Dalam secangkir teh hijau mengandung banyak kafein yang berguna untuk lebih fokus. Kafein dalam teh hijau ini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kopi.

Teh hijau juga diperkaya dengan theanine yang dapat membuat Anda lebih fokus. Jika kurang menyukai teh hijau, Anda dapat menggantinya dengan kopi.

  • Telur dan ikan salmon

Dalam satu butir telur terkadung kolin yang mana ia berfungsi untuk menjaga selaput otak. Tak hanya itu, omega-3 yang ada di dalamnya juga sangat baik untuk meningkatkan fokus dan daya ingat.

Selain telur, Anda juga dapat mengkonsumsi ikan salmon segar. Karena faktanya, dalam tubuh ikan salmon kaya akan omega-3 yang juga sangat baik untuk konsentrasi otak. 

Kombinasikan juga dengan berbagai jenis multivitamin untuk menambah fokus dan daya ingat. 

Pentingnya melatih fokus sangat berpengaruh pada kinerja Anda saat di kantor. Pekerjaan akan menjadi terbengkalai ketika kehilangan fokus. Tak hanya itu, jika ini berkelanjutan reputasi Anda di kantor mungkin bisa terancam. 

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait